Rabu, 24 November 2010

Peluang Profesi Akuntansi di Indonesia

Menurut Sjahriar Gulam, kebutuhan terhadap profesi akuntan di masa mendatang sangat besar. Semua sektor perekonomian membutuhkan spesialisasi ini. Lebih-lebih bagi mereka yang menguasai standar laporan keuangan internasional (IFRS), yang mulai berlaku pada 2012. Di sisi lain, lambatnya pertumbuhan akuntan dan usia professional akuntan publik di Jawa Timur di atas 50 tahun sebesar 65 % (data per 23/4/10), memberikan ruang yang sangat besar bagi professional muda akuntan untuk mengambil alih estafet ini. Sementara itu, seiring dengan perkembangan ekonomi secara global maka kebutuhan terhadap akuntan publik juga semakin meningkat. “Mereka semua akan pansiun, anda harus mempersiapkan diri untuk menjadi penggantinya”, kata Sjahriar dengan nada menantang.
Sementara itu, Agus Sumanto juga menjelaskan persoalan teknis terkait dengan hal yang harus dipersiapkan untuk memenangkan persaingan secara global. “Penguasaan profesi akuntansi dan kemampuan penunjang profesi seperti penguasaan bahasa asing dan teknologi informasi, adalah harga mati yang harus dipersiapkan sejak dini” katanya menegaskan.

Kelompok Usia Akuntan Publik di Indonesia Per Juli 2007
Berikut ini adalah tampilan beberapa web yang menginformasikan bahwa peluang profesi akuntansi sangat besar di Indonesia:





Dalam era globalisasi, dunia usaha dan masyarakat telah menjadi semakin kompleks sehingga menuntut adanya perkembangan berbagai disiplin ilmu termasuk akuntansi. Akuntansi memegang peranan penting dalam ekonomi dan sosial, karena setiap pengambilan keputusan yang bersifat keuangan harus berdasarkan informasi akuntansi. Keadaan ini menjadikan akuntan sebagai suatu profesi yang sangat dibutuhkan keberadaannnya dalam lingkungan organisasi bisnis. Keahlian - keahlian khusus seperti pengelolaan data bisnis menjadi informasi berbasis komputer, pemeriksaan keuangan maupun non keuangan, penguasaan materi perundang - undangan perpajakkan adalah hal - hal yang dapat memberikan nilai lebih bagi profesi akuntan. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan semakin baik, maka profesi akuntan sangat dibutuhkan dalam membantu mewujudkannya. Kondisi ini, membawa pada suatu konsekuensi bahwa masih terbuka lebar bagi setiap orang untuk memasuki profesi sebagai akuntan, dan profesi akuntan sebagai pilihan karir yang menjanjikan.

Sumber:
www.fe.uin-malang.ac.id
www.gatosoideas.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar