Minggu, 04 April 2010

Riset Akuntansi - BAB II

  1. Jelaskan ciri - ciri dari penelitian!

Jawab:

Ciri-ciri penelitian :

· Tujuan: setiap penelitian diharuskan mempunyai tujuan atau hasil yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian.

· Ketetapan: melakukan penelitian sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan.

· Pengujian: penelitian yang telah dilakukan harus dapat diuji kebenaranya.

· Hasil penelitian harus mencerminkan populasi yang sebenarnya

· Ketepatan dan keyakinan: harapan setiap penelitian yang dilakukan adalah hasil yang diperoleh mencerminkan keadaaan sebenarnya dan seberapa besar tingkat keyakinan bahwa penelitian tersebut mencerminkan keadaan sebenarnya.

· Objektif: penelitian yang dilakukan tidak memihak, artinya mengungkapkan sesuatu sesuai dengan fakta.

· Generalisasi: penelitian dapat dilakukan oleh semua pihak.

2. Sebutkan langkah-langkah hipotesis riset secara deduktif! Jelaskan dengan menggunakan contoh yang bukan dari buku!

Jawab:

· Observasi

Melakukan pengamatan di lapangan secara langsung, biasanya dengan wawancara atau menyebarkan kuesioner. Contoh, pihak manajemen bank ingin mengetahui faktor apa saja yang membuat nasabah menanamkan dananya di bank tersebut. Dengan mengetahui faktor tersebut, bank dapat menyusun strategi pemasarannya.

· Pengumpulan Informasi

Pengumpulkan informasi menggunakan kuesioner yang berisikan variabel – variabel yang mempengaruhi nasabah dalam menanamkan dananya dengan jawaban “Ya” atau “Tidak”, seperti kenyamanan saat bertransaksi, tingkat suku bunga, lokasi gedung, keamanan saat bertransaksi, hadiah yang diberikan, pelayanan yang ramah dan sebagainya.

· Formulasi Teori

Pada tahap ini, manajer mulai merumuskan teori berdasarkan informasi yang diperoleh

· Membuat Hipotesis

Berdasarkan formulasi teori yang telah dibuat, kemudian dibuat suatu hipotesis atau dugaan awal. Misalnya, faktor nasabah dalam menenamkan dananya karena tingkat bunga yang diberikan.

· Pengumpulan data lebih lanjut

Manajer perlu mengumpulkan bukti untuk memperkuat hipotesis atau dugaan awal dengan cara melakukan wawancara yang lebih intensif.

· Analisis data

Manajer dapat menanalis data dengan alat bantu Cochran Test. Cochran Test dapat membantu manajer karena pengujian ini dapat mengeliminasi faktor – faktor apa saja yang tidak mempunyai pengaruh sehingga pada akhirnya dapat diketahui faktor yang mempunyai pengaruh secara signifikan.

· Deduksi

Deduksi adalah proses pengambilan kesimpulan dengan mamperhatikan hasil pengolahan dan penganalisisan data. Hipotesis diterima jika nilai cochran <>2 atau nilai signifikan > 0,05. Jika peryaratan tersebut belum terpenuhi, maka pengujian harus dilakukan dengan membuang faktor yang tidak memiliki pengaruh tersebut hingga persyaratan terpenuhi.

3. Ketika mendengar kata-kata penelitian dari bermacam-macam kelompok, termasuk organisasi peneliti, profesor di universitas, mahasiswa setingkat doktor, mahasiswa yang telah lulus dan juga yang belum lulus dan sedang menyusun skripsi, departemen penelitian di industri, reporter koran, jurnalis, pengacara, dokter dan profesi profesional atau tidak profesional lainnya. Dari yang telah anda baca, yang mana dari kelompok yang telah disebutkan yang anda pikir dapat melakukan investigasi ilmiah di dalam area riset dasar dan riset terapan? Kenapa?

Jawab:

Riset dasar dapat dilakukan oleh siapa saja karena tujuannya adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Sedangkan riset terapan sebaiknya dilakukan oleh pihak yang berkompeten dibidangnya.

4. Jelaskan proses dari deduksi dan induksi, berikan contohnya!

Jawab:

Induksi adalah suatu proses mengamati beberapa fenomena atau kejadian dan mengambil kesimpulan berdasarkan hal tersebut. Contohnya, jika biaya bahan baku naik, maka harga jual produk harus dinaikkan agar perusahaan mendapat keuntungan. Jika biaya tenaga kerja meningkat, maka harga jual produk harus dinaikkan. Dari fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa kenaikkan biaya dapat menaikkan harga jual.

Deduksi adalah proses pengambilan kesimpulan bersifat umum berdasarkan hal-hal atau fakta yang ada. Contohnya, ketika terjadi kenaikkan biaya bahan bakar. Berdasarkan teori kenaikkan biaya dapat menaikkan harga jual., maka manajer memutuskan untuk menaikkan harga jual produk tersebut untuk menghindari terjadinya kerugian.

Biasanya proses deduksi berasal dari proses induksi dan proses induksi berasal dari pengamatan beberapa fenomena.

5. Jika peneliti di dalam area manajemen tidak dapat 100 persen ilmiah, mengapa perlu untuk melakukan itu? Berikan pendapat anda?

Jawab:

Kita mungkin juga menemui kesulitan dalam memperoleh sampel yang representatif, yang akan membatasi generalisasi temuan. Dengan demikian, tidak mungkin untuk memenuhi semua ciri ilmu sepenuhnya. Walaupun demikian, penelitian ilmiah harus dilakukan sebagai bahan pertimbangan manajer dalam membuat keputusan.

6. Diskusikanlah mengenai penelitian berikut yang dilakukan di industri jasa untuk memperluas yang berkaitan dengan ciri atau tanda investigasi ilmiah!

Perusahaan Telepon Friendly

Pelanggan sangat mengeluh, dan keluhan tersebut tentang masalah yang mereka alami dengan jaringan telepon yang terus-menerus berdatangan di Friendly Telephone Company. Perusahaan ingin mengetahui masalah tersebut secara spesifik dan mengambil tindakan korektif.


Para peneliti dipanggil dan mereka berbicara dengan jumlah pelanggan, menjaga catatan pada sifat dari masalah spesifik yang mereka hadapi. Karena masalah itu harus diurus dengan sangat cepat, mereka mengembangkan basis teoritis, mengumpulkan informasi rinci yang relevan dari sampel 100 pelanggan dan menganalisis data. Hasilnya diharapkan menjadi cukup akurat dengan setidaknya 85% peluang keberhasilan dalam pemecahan masalah. Para peneliti akan membuat rekomendasi kepada perusahaan berdasarkan hasil analisis data.

Jawab:

Tingkat keasalahan yag dibuat dari penelitian tersebut masih cukup besar, yaitu sebesar 15%. Sebaiknya para peneliti memperbesar jumlah sampel agar data terdistribusi secara normal, sehingga penelitian tersebut mencerminkan keadaan yang sebenarnya dan membuat keputusan dengan tepat.


Sumber: Uma Sekaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar