Sabtu, 17 April 2010

Riset Akuntansi - BAB XI

1. Mengidentifikasi populasi yang relevan untuk penelitian lanjutan dan menyarankan desain sampling yang sesuai untuk menyelidiki masalah, menjelaskan mengapa mereka sesuai. dimanapun diperlukan, mengidentifikasi populasi frame juga.

a. Sebuah perusahaan senjata ingin mengetahui tipe senjata yang dimiliki oleh berbagai macam umur di Washinton DC.

Jawab :

Untuk mengetahui tipe senjata apa yang digunakan oleh berbagai macam umur kita dapat mengunakan Simple Random Sampling karena sampling ini mempunyai pola yang paling tepat untuk menemukan keseluruhan populasi pada object utamanya. Dan setiap bagian dalam populasi benar-benar di perhatikan dan setiap bagian mempunyai kesempatan yang sama untuk di jadikan subjek. Desain sampling ini dikenal sebagai sampling acak sederhana, memiliki paling tidak bias dan menawarkan generalisasi yang paling baik. Namun, proses sampling bisa menjadi rumit dan mahal.

b. Administrator sebuah rumah sakit ingin mengetahui apakah karyawan yang single parent mempunyai daftar ketidak hadiran yang lebih tinggi di banding yang tidak single parent.

Jawab :

Untuk mengetahui apakah karyawan yang single parent mempunyai daftar ketidak hadiran yang lebih tinggi di banding yang tidak single parent kita dapat menggunakan stratified random sampling karena sampling ini mempunyai pola yang mana paling efektif Karena adanya perbedaan informasi yang dibutuhkan dalam jenis variasi data dalam populasi dan kasus yang di uji bersifat acak.

Dalam sampling ini kita dapat menggunakan Uji sampel bebas. Fungsinya :

· Untuk memperkirakan interval rata-rata

· Untuk menguji hipotesis tentang rata-rata sampel.

· Menunjukan batas penerimaan suatu hipotesis

· Untuk menguji suatu pernyataan apakah sudah layak untuk di percaya.

c. Administrator peneliti ingin mengetahui apakah orang tua tunggal yang bekerja di rumah sakit memiliki tingkat absensi yang lebih tinggi dari orang tua yang tidak tunggal

Jawab :

Untuk mengetahui apakah orang tua tunggal yang bekerja di rumah sakit memiliki tingkat absensi yang lebih tinggi dari orang tua yang tidak tunggal. Dapat diketahui dengan menggunakan :Sampling Sistematis, karena di setiap elemen dalam populasi dipilih mulai dari titik acak dalam bingkai populasi.

Keuntungan: mudah digunakan jika populasi frame tersedia.

Kelemahan: bias sistematis yang memungkinkan.

d. Direktur sumber daya manusia yang ingin menyelidiki hubungan antara penyalahgunaan narkoba dan perilaku disfungsional para pekerja kerah biru di pabrik tertentu.

Jawab :

Untuk dapat menyelidiki hubungan antara penyalahgunaan narkoba dan perilaku disfungsional para pekerja kerah biru di pabrik tertentu, kita dapat menggunakan identifikasi dengan menggunakan :Stratified random sampling. Sebanding dalam populasi disproporsional, populasi adalah pertama dibagi menjadi segmen-segmen yang berarti. Sesudahnya subyek diambil sebanding dengan jumlah sampel asli mereka dan perbandingan berdasarkan pada kriteria dari jumlah penduduk asli mereka.
Keuntungan: yang paling efisien di antara semua desain probabilitas. Semua kelompok cukup antara kelompok-kelompok yang mungkin.

Kelemahan: stratifikasi harus bermakna, memakan waktu lebih dari sampling acak sederhana atau sistematis.

2. a. Jelaskan mengapa sampling acak merupakan salah satu bagian dari sample probabilitas

b. Apa sajakah keuntungan dan kerugian dari sampling acak

c. Jelaskan sebuah situasi dimana kita menggunakan sampling acak

Jawab:

a. karena sampling acak merupakan sampling yang paling alami yang digeneralisasi dari semua desain sampling probabilitas karena dalam konteks organisasi tidak mengandung unsur-unsur heterogen. dengan kata lain, kondisi heterogenitas dan homogenitas sering tidak terpenuhi.

b. Kerugian : teknik sampling cluster tidak sangat umum dalam penelitian organisasi, untuk kegiatan riset pemasaran, cluster alami seperti kelompok penduduk, pembeli, mahasiswa atau toko, tidak memiliki banyak heterogenitas.

Keuntungan : meskipun lebih murah, tidak menawarkan banyak efisiensi dalam hal presisi atau keyakinan dalam hasil. Namun, cluster sampling menawarkan kenyamanan

c. Direktur sumber daya manusia tertarik untuk mengetahui mengapa staf mengundurkan diri. desain cluster sampling akan berguna dalam hal ini untuk melakukan wawancara keluar dari semua anggota menyelesaikan makalah terakhir mereka di departemen HR pada hari yang sama, sebelum mengundurkan diri. gugus dipilih untuk wawancara akan didasarkan pada sampling acak sederhana dari berbagai kelompok personil mengundurkan diri pada hari yang berbeda. wawancara akan membantu untuk memahami alasan-alasan untuk omset kelompok heterogen individu dan penelitian dapat dilakukan dengan biaya rendah

3. a. Jelaskan apa itu kepercayaan dan ketepatan dan bagaimana hal itu mempengaruhi ukuran sampel

b. Diskusikan maksud dari prnyataan berikut : ” Trade-off merupakan antara kepercayaan dan ketepatan dibawah kondisi tertentu.

Jawab :

a. Kepercayaan dan ketepatan adalah hal terpenting dalam sampling sebab kitamenggunakan data sample untuk menarik kesimpulan dari populasi, kita mengharapkan keterbukaan ”pada target” dan memberikan beberapa gagasan untuk tingkat kesalahan. Karena suatu titik penilaian tidak menyediakan tingkat kemungkinan adanya kesalahan, kita lakukan interval penilaian untuk memastikan penilaian yang akurat pada parameter populasi. Statistik mempunyai beberapa distribusi sebagai rata-rata distribusi sampling yang digunakan dalam prosedur ini, umumnya z atau t statistik. Untuk meningkatkan ketepatan dan kepercayaan kita memerlukan suatu ukuran contoh yang lebih besar.

b. Kita telah mempelajari bahwa jika kita ingin lebih ketepatan, atau kepercayaan lebih, atau keduanya, ukuran contoh sample perlu ditingkatkan, kecuali, yang pasti, terdapat sangat kecil variabilitas di dalam populasi itu sendiri. Bagaimanapun, jika ukuran sample tidak dapat ditingkatkan, untuk alasan apapun juga, kita tidak dapat memberikan biaya-biaya dari sample, dengan n yang sama, dengan cara menjaga tingkat ketepatan dan kepercayaan yang sama dengan itu kita dapat meramalkan perkiraan kita, hal itu akan mengurangi tingkat ketepatan atau kepercayaan dari perkiraan. Hal itu menjadi penting bagi peneliti untuk mempertimbangkan sedikitnya empat aspek dalam pembuatan keputusan pada ukuran sample yang diperlukan dalam melakukan penelitian : (1) seberapa banyak ketepatan yang diperlukan dalam memperkirakan karakteristik populasi , hal itu merupakan garis tepi dari kesalahan yang dapat diterima? (2) seberapa banyak kepercayaan yang diperlukan, merupakan bagian dari berapa banyak kesempatan yang dapat diambil dalam membuat kesalahaan dalam menaksir parameter populasi ? (3) untuk apa luas variabiliti yang ada pada karakteristik populasi yan diselidiki? (4) berapa biaya yang memberikan manfaat dalam meningkatkan analisa ukuran sampel?

4. Penggunaan dari sample yang sesuai dalam penelitian organisasi adalah benar karena semua anggota membagi rangsangan yang sama dan melewati hampir pengalaman yang sejenis dalam kehidupan berorganisasi. Berikan komentar

Jawab :

Seperti namanya convenience sampling melibatkan pengumpulan informasi dari anggota populasi yang mudah tersedia untuk menyediakannya

5. Penggunaan dari suatu contoh 5,000 adalah tidak perlu lebih baik daripada menggunakan salah satu 500. Bagaimana respon kamu terhadap pernyataan ini?

Jawab :

Penggunaan contoh yang terlalu besar seperti diatas 500 dapat juga menjadi suatu masalah yang cenderung akan berakibat melakukan kesalahan. Dengan kata lain contoh yang terlalu besar dalam suatu ukuran sample hubungannya akan menjadi lemah (katakana korelasinya 10 antara dua variable) kecuali dalam suatu sample populasi maka akan lebih baik digunakan jika samplenya besar. Tetapi meskipun ukuranya terlalu besar atau kecil tetap saja dapat membantu kita dalam proyek riset yang sedang kita lakukan.

Roscoe ( 1975) mengusulkan peraturan dari pengalaman berikut untuk menentukan ukuran contoh:

a. Melakukan pecobaan ukuran yang besar dibanding 30 dan kurang dari 500 adalah sesuai dengan kebanyakan riset

b. Dimana jika contoh ukuran yang diharapkan adalah subsample seperti jenis kelamin pria ato wanita, senior atau junior dan sebagainya, maka contohnya minimum harus 30 untuk masing-masing kategori.

c. Didalam penelitian regresi multiple, ukuran contoh harus memiliki sample yang sama besar seperti banyaknya variable (terutama lebih baik 10 kali) dalam penelitiannya atau studinya.

d. Untuk riset yang percobaannya sederhana dengaan kendali bersifat percobaan ketat, maka riset atau penelitian mungkin dapat dikatakan sukses denagn contoh sekecil 10 atau 20 ukuran sample.

6. Sample nonprobabilitas sering lebih diutamakan daripada sample probabilitas dan beberapa kasus. Jelaskan dengan contoh?

Jawab :

Sample nonprobabilitas dalam desain, unsur-unsur dalam populasi tidak memiliki probabilitas yang melekat pada mereka yang terpilih sebagai subyek sample

7. Karena sepertinya ada perbedaaan diantara keakuratan dan kepercayaan dari sample yang ada, kepercayaan selalu lebih dianggap penting dari ketepatan. Jelaskan dengan alasan mengapa kamu setuju atau tidak setuju?

Jawab:

Tidak setuju, karena dalam melakukan pengujian suatu sample, haruslah dibutuhkan lebih dari sekali pengujian sample agar memperoleh keakuratan atau ketepatan dari sample tersebut. Dengan keakuratan yang telah diperoleh dari beberapa kali pengujian, barulah bisa menimbulkan kepercayaan pada hasil pengujian sample bahwa hasil pengujian tersebut adalah akurat atau tidak.

8. Overgeneralization memberikan banyak ketepatan dan masalah yang lainnya untuk penelitian dalam hal mencoba melakukan penemuan. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut?

Jawab:

Di dalam perawatan harus dilakukan untuk tidak overgeneralize hasil studi apapun untuk populasi yang tidak diwakili oleh sampel. Generalisasi sering di desain hanya tersedia untuk jenis tertentu investigasi, seperti dalam kotak kecil penelitian eksplorasi, atau di mana informasi yang dibutuhkan secara cepat, atau tersedia dengan hanya kelompok khusus tertentu. Ukuran sampel ditentukan oleh tingkat presisi yang dikehendaki dalam memperkirakan parameter-parameter populasi, serta keragaman dalam populasi itu sendiri. Itu generalisasi temuan dari studi sampel untuk populasi tergantung pada keterwakilan nya yaitu, kecanggihan desain sampling yang digunakan dan parameter ukuran sampel. Contoh ukuran dalam populasi ditentukan oleh tingkatan kepercayaan dan ketepatan yang diinginkan didalam memilih parameter populasi, seperti halnya variable didalam populasi sendiri juga memegang peranan mempertimbangkan biaya. Generalitas dari penemuan yang didapat dari studi atau pembelajaran menyangkut contoh pada populasi yang bergantung pada reresentativesness nya. Dengan begitu contoh ukuran data sample dapat dilakukan dengan pengujian hipotesis dan parameter populasi dalam melakukan penelitian dalam mencoba menemukan hal-hal yang baru.

9. Sample berganda kemungkinan dipakai paling sedikit dibanding seluruh design sampling dalam penelitian organisasi. Apakah kamu setuju? Jelaskan alasannya!

Jawab:

Setuju, karena desain sampling dimana sampel yang digunakan dalam studi untuk mengumpulkan beberapa informasi awal bunga dan kemudian menjadi subsampel sampel primer ini digunakan untuk meneliti masalah ini lebih terinci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar