Sabtu, 17 April 2010

Riset Akuntansi - BAB IX

1. Uraikan secara singkat perbedaan antara attitude rating scale dan ranking scale dan tunjukan kapan keduannya digunakan?

Jawab :

Attitude rating scale mempunyai beberapa kategori tanggapan yang digunakan untuk menimbulkan tanggapan dengan baik kepada objek tersebut, peristiwa, atau orang yang mempelajarinya. Sedangkan ranking scale membuat perbandingan diantara beberapa objek, peristiwa atau orang-orang dan menimbulkan pilihan yang lebih layak untuk dipilih dan di ranking diantara hal-hal tersebut.

Attitude rating scale digunakan untuk penelitian organisasi, contohnya skala dalam penggambaran. Sedangkan ranking scale digunakan untuk mempengaruhi diantara dua objek atau lebih, contohnya perbandingan berpasangan. Keduanya dapat digunakan dalam pengembangan instrumen setelah sebuah konsep operasional ditetapkan.

2. Mengapa itu penting dalam menerapkan “ kebijakan” dari pengukuran dan bagaimana hal ini dilakukan.

Jawab :

Itu penting karena membuat kita yakin bahwa instrumen kita diperkuat untuk pengukuran suatu konsep yang kita teliti adalah memang pengukuran yang tepat terhadap variabelnya, dan juga dalam fakta, pengukuran konsep yang tepat telah kita kumpulkan untuk pengukuran.

3. Bangun sebuah semantic differential scale untuk menilai merek milik dari kopi atau teh.

Jawab :

Menurut pendapat Anda kopi KapalApi:

a. Kualitas rasa bagus 7,6,5,4,3,2,1 tidak bagus

b. Kualitas kemasan bagus 7,6,5,4,3,2,1 tidak bagus

c. Harga murah 7,6,5,4,3,2,1 mahal

responden langsung memilih bobot dari hal yang dimaksud bobot di tulis dari yang positif sampai yang negative.

4. Jika mungkin dapat disarankan untuk menggunakan instrumen-instrumen yang telah dikembangkan dan pengulangan yang digunakan secara berulang-ulang untuk dipelajari, daripada mengembangkan instrument kita untuk kita pelajari. Apakah kamu setuju? Diskusikan dan berikan alasan.

Jawab :

Setuju, karena dengan instrument yang telah dikembangkan dari orang yang lebih berkompeten atau para ahli lebih baik, dibandingkan kita menggunakan instrumen kita sendiri yang belum pasti tepat/ sesuai dengan penelitian kita. Kita dapat membandingkan instrument tersebut sesuai objek penelitian/ masalah yang kita teliti. Dan akan mudah dalam mencai refenensi guna mendukung penelitian kita.

5. Sebuah instrumen yang valid adalah selalu dapat dipercaya, tetapi suatu instrumen yang dapat dipercaya mungkin tidak selalu valid. Berikan komentar pada pernyataan ini.

Jawab:

Suatu validitas adalah ketepatan mengukur apa yang akan diukur, sedangkan relibilitas adalah kemampuan member hasil pengukuran yang konsisten. Sebagai contoh sebuah meteran digunakan untuk mengukur panjang maka itu valid tapi jika digunakan untuk mengukur berat maka itu tidak valid. Sedangkan contoh relibilitas adalah beberapa kalipun mengukur objek yang sama maka hasil ukurannya akan selalu sama maka itu reliabel (dipercaya). Valid dan reliable masih tergantung kondisi objek yang di teliti dan kemampuan orang dalam menggunakan instrumennya. Sehingga valid dan reliable akan dapat menjadi syarat mutlak dalam penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar