Jumat, 16 April 2010

Riset Akuntansi - BAB V

1. “Karena literatur survey adalah sebuah latihan yang memakan banyak waktu, sebuah wawancara yang mendalam dan baik sudah mencukupi untuk mengembangkan kerangka teori”. Diskusikan pernyataan ini.

Jawab:

Walaupun literatur survey memakan banyak waktu, tetapi hal tersebut harus tetap dilakukan karena literatur survey berguna untuk membuat hipotesis dan menguji (hubungan / link) dari suatu kasus tertentu sehingga meningkatkan pemahaman kita dalam menilai sebuah keadaan.

2. Ada keuntungan dalam menyusun hipotesis baik hipotesis awal dan hipotesis alternatif, hal tersebut membantu mencerahkan pikiran kita mengenai pengujian yang sedang kita lakukan. Jelaskan!

Jawab:

Dengan menyatakan sebuah hipotesis kita bisa mendapatkan kejelasan atau gambaran dari materi yang sedang kita uji. Contoh, Apabila terlihat awan hitam dan langit menjadi pekat, maka seseorang dapat saja menyimpulkan (menduga-duga) berdasarkan pengalamannya bahwa sebentar lagi hujan akan turun. Apabila ternyata beberapa saat kemudia hujan benar turun, maka dugaan terbukti benar. Secara ilmiah, dugaan ini disebut hipotesis. Namun apabila ternyata tidak turun hujan, maka hipotesisnya dinyatakan keliru.

3. Ada keuntungan dalam mengembangkan hipotesis direksional ketika kita yakin mengenai arah yang diprediksi. Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini?

Jawab:

Keuntungannya adalah dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian yang kemungkinan variabel pentingnya akan terlewat menjadi lebih kecil karena peneliti sudah menemukan dasar teoritik untuk menentukan arah atau dasar dari penelitian. Format perumusan hipotesis direksional menggunakan kata-kata: jika-maka, lebih dari, kurang dari, dan seterusnya. Contoh:

· Siswa dengan nutrisi baik berprestasi lebih baik dari pada siswa dengan nutrisi jelek.

· Jika guru berdisiplin, maka siswa akan rajin.

4. Pada kasus “Permasalahan di Roadway Hospitality”

jawab:

a. Identifikasi permasalahan utamanya!

Permasalahan utamanya adalah Roadway Hospitality yang ingin meningkatkan pendapatannya dengan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai perbedaan antara 3 fasilitas yang dimiliki. Di lain pihak para pelanggannya tidak terlalu memperhatikan perbedaan tersebut.Yang menjadi perbedaan mungkin adanya perbedaan fasilitas karena buruknya pelayanan dan fasilitas yang diberikan.

b. Kembangkan kerangka teorinya!

Variabel independen, yaitu pemahaman consumen terhadap perbedaan 3 fasilitas yag dimiliki oleh Roadway Hospitality bergantung pada 2 variabel bebas, yaitu fasilitas yang dimiliki dan juga pelayanan yang diberikan.

c. Kembangkan paling sedikit 4 hipotesis!

· Perbaikan kondisi bangunan akan meningkatkan kesadaran konsumen untuk menggunakann jasa Roadway Hospitality.

· Dengan perbaikan fasilitas yang dimiliki akan berpengaruh meningkatkan pendapatan yang didapatkan dari konsumen yang menggunakan jasa Roadway Hospitality.

· Dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas, akan meningkatkan kepuasan konsumen.

· Dengan nama perusahaan yang baik, pemilik usaha akan mau bekerjasama dan konsumen akan kebingungan dalam membedakan antara fasilitas yang lama dengan yang baru.

· Dengan mengubah nama fasilitas akan memperbaharui citra perusahaan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.


Sumber: Uma Sekaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar