Sabtu, 17 April 2010

Riset Akuntansi - BAB XIII

  1. Mengapa penelitian perlu memiliki surat pengesahan dalam laporan

Jawab :

Didalam Penelitian diperlukannya surat pengesahan sebagai salinan surat kuasa dari tujuan penelitian, yang di gunakan sebagai laporan untuk menyetujui investigasi dan merinci ruang lingkup yang di teliti tersebut, yang akan di lampirkan pada awal laporan, yang mampu membantu sponsor dalam usulan penelitian yang diajukan oleh penelitian selanjutnya, proposal penelitian yang telah di ajukan oleh peneliti sesudah wawancara awal dan mengidentifikasikan masalah pengesahan dengan tujuan hasil penelitian dapat dimengerti oleh pembaca.

  1. Diskusikan tujuan dan isi dari ringkasan eksekutif ?

Jawab :

Ringkasan eksekutif merupakan suatu catatan ataupun laporan singkat dari studi penelitian yang memberikan gambaran secara lengkap, serta pokok informasi penting yang berkaitan dengan mempelajari pernyataan masalah yang berhubungan dengan penelitian : perumusan masalah, contoh rancangan, metode pengumpulan data yang digunakan, hasil analisis data, kesimpulan dan rekomendasi dengan saran untuk pelaksanaannya, yang mampu memberikan gambaran bagi hasil dari penelitian yang diperlukan manajemen sebagai membuat keputusan menyelesaikan masalah.

  1. Apa persamaan dan perbedaan laporan penelitian dasar dan terapan

Jawab :

Laporan penelitian dasar dan laporan penelitian terapan memiliki bagian rincian yang sama didalam tujuan penelitian, memberikan beberapa latar belakang tentang apa yang berhubungan dan menyatakan masalah yang di teliti, menetapkan laporan berupa hasil bagi pembaca, perbedaannya laporan penelitian dasar menggunakan serta memerlukan lembar pengesahan, sedangkan pada laporan penelitian terapan menggunakan ringkasan eksekutif tidak memerlukan lembar pengesahan.

  1. bagaimana kemajuan teknologi telah membantu dalam penulisan dan penyajian laporan penelitian ?

Jawab :

Kemajuan teknologi dapat membantu dalam memperkuat penyajian laporan penelitian dalam penyusunan serta data yang dapat berupa bentuk-bentuk tabel dan grafik visual representasi yang akan disediakan. Penulisan laporan adalah fungsi dari tujuan penelitian yang menggambarkan tampilan agar lebih jelas, ringkas, koheren dan memperhatikan ke akuatan data dan jenis pendapat yang itu disajikan, dan telah sesuai untuk disesuaikan untuk memenuhi keduanya, fitur dasar tertentu merupakan bagian integral dari semua laporan tertulis.

5. Mengapa penelitian perlu menetapkan batasan dalam laporan penelitian ?

Jawab :

Diperlukannya penetapan batasan adalah sebagai dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, agar didalam batasan ini peneliti mulai mengidentifikasi, membatasi dan selanjutnya merumuskan masalah yang hendak di teliti sehingga tidak menyimpang dari tujuan awal penelitian itu sendiri.

6. Aspek apakah dalam golongan rencana penelitian yang membuat anda tertekan dalam menulis laporan dan dalam presentasi lisan ?

Jawab :

Aspek yang perlu di perhatikan yaitu dalam menyajikan laporan itu sendiri harus sesuai dengan aturan yg berlaku yang merupakan aspek yang paling penting dari penulisan laporan, serta dibuat secara menarik namun tetap memberikan statik dan kuantitatif informasi, karena kadang tulisan agak membosankan karena kurang menarik dalam penyajian tulisan serta struktur kata nya, penempatan gambar, tabel ataupun grafik yang tepat dapat menambah nilai laporan tersebut. Tata bahasa yang baik, bersifat formal, penyampaian isi presentasi yang kreatif dan mudah ditangkap maupun penggunaan waktu yang tepat sehingga presentasi tidak dirasakan terlalu lama, pembagian waktu dalam ruang tanya jawab yang berbeda harus kreatif disediakan untuk para penonton untuk mempertahankan kepentingan mereka berbicara mengungkapkan pendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar